Apa itu ROAS? Cara Menghitung Dan Meningkatkannya

Mengenal Apa itu ROAS pada digital marketing dan bagaimana cara menghitung ROAS dalam strategi PPC.

Pengertian

Apa itu ROAS? Pengembalian Pengeluaran Iklan atau dalam bahasa Inggris nya Return On Advertising SpendROAS ) adalah salah satu metrik paling penting untuk mengetahui kinerja kampanye iklan. Ini adalah salah satu indikator dasar dalam kampanye bayar per klik (PPC ) dan karenanya merupakan salah satu KPI dasar untuk setiap merek atau perusahaan yang memasarkan produknya melalui toko e-commerce.

Cara Menghitung ROAS

Pengembalian Pengeluaran Iklan atau dalam bahasa Inggris nya Return On Advertising Spend ( ROAS ) adalah salah satu metrik paling penting untuk mengetahui

Pengembalian investasi dapat dengan mudah dihitung dengan mengetahui pendapatan yang diperoleh dari investasi iklan selama periode waktu tertentu, menggunakan rumus sederhana:

ROAS = (Penghasilan / Investasi) X 100

Jika, misalnya, kami telah memperoleh pendapatan Rp.240.000.000 untuk iklan bulan lalu dan kami telah menghabiskan Rp.190.000.000 kita dapat mengatakan bahwa laba atas investasi adalah:
Pengembalian investasi = 240.000.000 / 190.000.000 = Rp 1,26 (satu koma dua enam rupiah) untuk setiap rupiah yang dihabiskan dalam kampanye atau 126% Mengurangi 100 dari ROAS, kami memperoleh metrik penting dan biasa selain ROI (Return On Investment) .

ROI = [(Penghasilan- Pengeluaran) / Pengeluaran] X100

ROI = [(240jt-190jt) / 190jt] X100 ROI = 26 (Rupiah)

Perlu dicatat bahwa perhitungan ini hanya didasarkan pada jangka pendek dari apa yang terjadi dalam sebulan, mereka tidak dapat melihat apa yang akan terjadi di masa depan. Harus juga diperhitungkan bahwa setiap klien berperilaku berbeda, pembelian dengan frekuensi berbeda, kesetiaan yang lebih besar atau lebih kecil, volume pengeluaran, dll.

Baca lebih lanjut untuk mengetuai apa itu ROI dan bagaimana cara menghitungnya?

Dalam contoh kami, kami hanya mendapatkan laba bersih 26 rupiah untuk setiap satu juta rupiah yang dibelanjakan, yang mungkin tidak terlihat banyak, tetapi angka ini dapat meningkat di masa mendatang jika pelanggan yang paling loyal dan CLV membeli lagi di toko Periklanan yang mengunjungi tautan langsung atau ditambahkan ke favorit yang tidak berasal dari pengeluaran iklan tetapi menghasilkan penjualan.

Cara meningkatkan ROAS

Seperti parameter lainnya, tindakan dapat diambil untuk mengoptimalkannya. Mari kita lihat beberapa di antaranya:

Memperbarui

Perbarui dan sinkronkan umpan data Anda, lebih disukai dengan membiarkan Adwords secara otomatis mengumpulkan umpan data untuk menghindari kesalahan yang dapat memengaruhi penjualan. ROAS ditampilkan dalam statistik Adwords sejak September tahun lalu, jadi kami tidak boleh melakukan perhitungan lain.

Kampanye segmentasi

Kampanye segmentasi sehingga toko periklanan dapat menghitung dan mengoptimalkan sehingga dapat mengelola anggaran dan pengembalian efektif untuk setiap grup produk. Dengan cara ini kita dapat memilih tujuan ROAS spesifik yang berbeda.

Penggunaan kata kunci

Gunakan kata kunci negatif. Meskipun kampanye komersial tidak menggunakan penargetan kata kunci konvensional, pengecualian negatif tetap penting. Mengabaikan aspek penting ini dapat mengakibatkan hilangnya investasi iklan dengan menampilkan iklan pada pencarian yang tidak relevan.

Mensesuaikan Investasikan

Investasikan sesuai dengan profitabilitas produk, tetapkan anggaran yang lebih rendah untuk produk-produk yang kurang dituntut oleh pelanggan.

Mempertimbangkan

Pertimbangkan berapa profitabilitas nyata dengan memperhitungkan biaya per konversi dan CLV atau nilai pelanggan jangka panjang untuk menyesuaikan tawaran BPK maksimum untuk setiap produk.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.